Jumat, Maret 28, 2014

Perekat bahan bangunan masa kini dan masa depan


Dengan judul yang sangat panjang ini, pasti heran apa maksudnya?
Seperti apa sih perekat bahan bangunan masa kini dan masa depan?
Saya akan coba bahas di sini 
SUB TOPIK : PENGERTIAN, SEJARAH, JENIS, KOMPOSISI, TIPS, RUMAH, CAMPURAN, MASA KINI, MASA DEPAN, APLIKASI, TEKNOLOGI, KONTRIBUSI, BENTUK, SEMEN TIGA RODA
Perekat Bahan Bangunan
Apa sih yang ada dalam benak anda mendengar kata “Perekat Bahan Bangunan ” Apa itu perekat bahan bangunan? Pasti bagian dari bahan bangunan. Oke, mari kita simak sedikit penjelasan mengenai perekat bahan bangunan. Maksud dari perekat itu sendiri ialah penyatuan bahan/material yang berfungsi untuk memperkokoh dan memperkuat. Sementara, perekat bahan bangunan ialah komponen penting dalam proses konstruksi bangunan dan sangat berpengaruh terhadap jalannya suatu konstruksi.


John Smeaton - Penemu Semen tahun 1700an
                 
Sebelum menuju ke bahasan selanjutnya, mari kita napak tilas mengenai sejarahnya (sedikit aja). Dahulu manusia merekatkan batu dengan zat putih telur, semen Greenstone (semen yang diduga digunakan dalam pembuatan piramida di Mesir)  atau perekat lainnya yang dari alam. Bahan perekat saat ini yang dikenal dengan nama semen, mulai muncul pada tahun 1700an, dengan penemu John Smeaton (tidak dipatenkan). Sampai pada tahun 1824, Joseph Aspdin mematenkannya dengan nama Semen Portland. Yang sampai sekarang banyak diaplikasikan oleh banyak produsen semen.
                 
Dari jenisnya bahan perekat dibagi dua yaitu hidrolis/berbasis air dan berbasis hardener, disini saya akan bahas lebih dalam mengenai jenis Semen Portland yang merupakan bagian dari bahan perekat hidrolis.            
Gambar perkembangan pembangunan
                Seiring berkembangnya waktu suatu wilayah/kota akan terus tumbuh dan berkembang. Bangunan/rumah sebgai salah satu elemen pertumbuhan fisik dan elemen yang terkait dalam pembangunan suatu wilayah. Mengacu pada pentingnya fungsi bangunan diperlukan upaya untuk menjaga kekokohan suatu bangunan. Semen yang merupakan bahan pendukung dan sangat penting untuk proses konstruksi memiliki prospek yang sangat cerah di masa mendatang. Sekarang posisi semen tidak bisa digantikan dengan bahan lainnya. Perkembangan semen saat ini sangat pesat dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan yang ingin dibuat.
Inovasi Rumah
                Semakin canggihnya teknologi, membuat manusia semakin berinovasi. Inovasi rumah masa kini, dengan membuat rumah minimalis yang memaksimalkan segala ruang dan perabotan yang ada. Aplikasi di masa depan, pasti akan banyak bermunculan smart house yang berbasis teknologi, yang keseluruhan perabotannya terintegrasi dengan teknologi. Sementara, untuk sentuhan konstruksi gaya semen berkontribusi dalam arsitektur/ bentuk bangunan yang lebih mengedepankan prinsip geometris.
               
Kontribusi Semen dalam kreasi dan bentuk bangunan
 


Aplikasi pembangunan di Indonesia masih menggunakan sistem beton, berbeda dengan luar negeri yang sudah menggunakan baja dalam struktur pembangunnya. Beton merupakan sebuah bahan bangunan komposit yang terbuat dari kombinasi aggregate dan pengikat semen. Bentuk paling umum dari beton adalah beton Semen Portland, yang terdiri dari aggregate mineral (kerikil dan pasir), semen, dan air.
                Kontribusi semen sangat berpengaruh terhadap sektor properti dan pertumbuhan investasi dalam negeri yang semakin meningkat, ditambah lagi saham produsen semen yang semakin naik. Harapan semen yang akan datang bahwasannya dalam hal pembuatan semen tidak memproduksi banyak CO sehingga menjadikannya semen yang ramah lingkungan dan memakan banyak energi dalam proses pembuatannya.
                Mengingat semen sangat penting untuk proses konstruksi, diperlukan tips yang tepat untuk memilih semen  yang baik. Ada 6 tips yang akan saya jelaskan.
1. Pilihlah semen yang secara fisik tidak menggumpal, karena semen yang menggumpal akan menjadikannya lemah pada plesteran/beton/acian.
2. Pilihlah semen dengan ukuran standar adukan semen menjadi kering (plastis ke kering) 6 -  7 jam, Semakin cepat pengerasan akan menimbulkan retak pada beton/plesteran.
3. Material bahan bangunan yang kaya akan mineral dan logam menghasilkan bahan bangunan yang berkualitas.
4. Secara kasat mata, kemasan yang tertutup sempurna
5. Ada logo SNI (Standar Nasional Indonesia) ataupun sertifikat internasional
6. Lihat bagaimana penyimpanannya, yang baik penumpukan kurang dari 2 meter, adanya bantalan kayu pada bagian bawah.
Bagusnya Semen Tiga Roda
                Semen tiga roda merupakan semen yang bagus pada masa kini dan masa depan. Dengan 6 poin di atas, semen tiga roda sangat memenuhi kriteria semen yang baik. Semen tiga roda merupakan jawaban dari harapan terhadap perekat bahan bangunan yang akan datang. Dengan slogan “Kualitas terjaga selalu dan kokoh sepanjang waktu” membuat semen tiga roda semakin dipercaya. “Perakat Bahan Bangunan Rumah Masa Kini dan Masa Depan” ya Semen Tiga Roda.





Semen Tiga Roda dengan kualitas terjaga selalu

DENGAN MOTTO SEMEN TIGA RODA :
KUALITAS TERJAGA SELALU KOKOH SEPANJANG WAKTU
SELALU ADA UNTUK ANDA
TAK HENTI BERKREASI UNTUK LAHIRKAN INOVASI
KESETIAAN ANDA BEGITU BERHARGA
MENJANGKAU SELURUH NEGERI MELAYANI PENUH DEDIKASI
TEKNOLOGI TERKINI UNTUK KEMUDAHAN ANDA
TERPERCAYA DALAM MEMBANGUN TERDEPAN MEMBERI PERHATIAN
BERBAGI BERSAMA MENJALIN KEMITRAAN
DARI YANG TERPERCAYA UNTUK KENYAMANAN TIADA DUA
KOKOH BERKOMITMEN UNTUK MEMBERI SOLUSI

@sementigaroda #LombaBlogSTR

0 komentar:

Posting Komentar