Selasa, November 19, 2013

Peralatan Pengukuran Beda Tinggi

Pengukuran kerangka dasar Vertikal (KDV) (Beda Tinggi) 
  • Kaki tiga : digunakan untuk menyangga alas waterpass dan menjaganya tetap stabil selama pengamatan. Kaki tiga ini mempunyai dua baut yaitu baut pertama digunakan untuk menentukan sambungan kaki dengan kepala sedangkan baut kedua digunakan untuk penyetelan kekerasan penggerak engsel antara kaki tiga dengan kepalanya.
  • Rambu ukur : sebuah rambu ukur yang ditopang vertikal dan digunakan untuk mengukur jarak vertikal antara garis bidik dan sebuah titik tertentu yang berada di atas atau di bawah garis bidik tadi. Rambu ini terbuat dari bahan kayu atau aluminium. Panjangnya 3 meter (ada yang 4 dan 5 meter). Yang penting dari rambu ukur ini adalah pembagian skalanya harus betul-betul teliti untuk dapat menghasilkan pengukuran yang baik. Di samping itu cara memegangnya harus benar-benar tegak (vertikal).
  • Waterpass : Waterpass ini dipasangkan di atas kaki tiga dan pandangan dilakukan melalui teropong. Ada beberapa macam bagian-bagian dari waterpass, antara lain:
a. Lup : Lensa yang bisa disetel menjadi alat pengamat melakukan pembidikan.  Lup tersebut diputar agar salib sumbu bidik berada dalam fokus.
b. Teropong : Tabung yang menjaga agar semua lensa dan gigi fokus berada pada posisinya yang benar.
c. Pengatur fokus : Sebuah tombol pengatur yang memfokuskan level sacara internal terhadap target yang   dikehendaki.
d. Sekrup-sekrup level : Sekrup-sekrup pengatur yang dipaki untuk mendatarkan level.
e. Alas : Alas tipis berukuran 3 ½ x 8 “ yang mengikat alat pada tripod.
f. Sekrup tengensial horizontal : Sebuah sekrup pengatur untuk memperkirakan kelurusan antara salib sumbu bidik dan sasaran bidang horizontal.
g. Tabung nivo : Sebuah tabung gelas bergraduasi yang berisi cairan yang sejajar dengan garis bidik teropong.          
h. Lensa Okuler : berfungsi untuk mengamati objek yang dibidik
i.  Lensa obyektif : berfungsi untuk menerima obyek yang dibidik.
j. Penggerak halus horizontal : berfungsi untuk menggerakkan waterpass pada arah horisontal secara halus setelah klem aldehide horisontal dikunci agar kedudukan benang pada alat tepat pada obyek yang dibidik.

0 komentar:

Posting Komentar