Jumat, Oktober 09, 2015

GAYA HIDUP TEKNOLOGI TINGGI DAN INTERNET CERDAS UNTUK MASA DEPAN YANG PENUH HARAPAN #GOFORIT

Di dalam suatu teori perubahan disebutkan bahwa kemiskinan diakibatkan karena adanya kesenjangan akses informasi dan layanan, yang berdampak pada kurangnya kesempatan ekonomi dan penurunan kesejahteraan. (Penelitian AppLabs dari Grameen Foundation Technology Center)


GAYA HIDUP DIGITAL
         Pada era globalisasi seperti sekarang ini, perangkat digital kini telah menjadi bagian kehidupan sehari - hari  masyarakat baik di kota  besar, kota kecil, dan juga perdesaan. Perangkat teknologi memudahkan manusia di dalam menjalankan aktivitas dan menyelesaikan pekerjaannya. Hal ini memunculkan gaya hidup yang relatif baru di  Indonesia, yaitu gaya hidup digital. Masyarakat hidup dengan perangkat digital dan menjadikan perangkat digital sebagai bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Gaya hidup digital ini mentransformasikan masyarakat dunia lokal menjadi masyarakat dunia global, yaitu sebuah dunia yang sangat transparan terhadap perkembangan informasi, transportasi, serta teknologi yang begitu cepat. Gaya hidup ini telah mengubah kebiasaan masyarakat dan membawa dampak, baik dampak positif maupun dampak negatifnya. Baik dalam pekerjaan, komunikasi dengan sesama, pendidikan, belanja, maupun hiburan.
SECARA BAHASA
Gaya  hidup memiliki ciri-ciri,  yaitu  gaya hidup sebagai sebuah pola,  adalah  sesuatu yang dilakukan atau tampil secara berulang-ulang, mempunyai massa (atau pengikut) sehingga tidak ada gaya hidup yang bersifat personal, dan  mempunyai daur hidup  (life-cycle). Dengan demikian,  ada masa kelahiran, tumbuh, puncak, surut, dan mati. Dengan gaya, orang akan mengidentifikasi dirinya sebagai bagian atau berasal dari kelompok tertentu dan akan membedakan dirinya dari kelompok lain atau orang yang berasal dari kelompok lain.

Tanpa disadari manusia telah hidup dalam dua kehidupan yaitu kehidupan masyarakat nyata dan kehidupan masyarakat maya (cyber community).

INTERNET CERDAS BERTEKNOLOGI 4G LTE

        
              Internet merupakan sesuatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat modern di Indonesia. Kehadiran media social telah membawa pengaruh tersendiri terhadap kegiatan yang dilakukan oleh manusia saat ini.
             Dewasa ini hampir semua orang tidak mungkin lepas dari kesibukan mencari informasi dengan melihat website seperti Google, Twitter, YouTube, Flicker, Facebook, Blog, Wikihow, Yahoo, Amazon.  Pengguna Internet memperoleh kebebasan akses informasi dan kemudahan terhubung dengan pengguna lain di seluruh dunia.
            Dengan hadirnya generasi baru, generasi ke-empat dari teknologi informasi dan komunikasi mobile – internet. Smartfren yang merupakan operator selular 4G LTE Advanced yang memungkinkan pelanggan dapat menikmati layanan 4G LTE lebih optimal dengan cakupan wilayah yang luas (FDD/Frequency Division Duplex) dan kapasitas bandwidth (TDD/Time Division Duplex) yang disediakan jauh lebih besar dibandingkan operator lain, menjadikan layanan Smartfren 4G LTE Advanced lebih cepat dan lebih stabil.

JARINGAN LUAS MELALUI PERANGKAT DIGITAL
           
            Di dalam perkembangannya, perangkat digital tidak hanya digunakan dalam fungsi teknis belaka, tetapi sebagai bagian gaya hid up, penanda status sosial, penanda komunitas, dan lain-lain yang sifatnya nonteknis. Terjadi perkembangan cara pemakaian dan cara pandang orang terhadap berbagai perangkat digital ini. Teknologi digital tidak saja memengaruhi perilaku dan cara berpikir orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Hal ini karena sekarang penggunaan teknologi digital tidak hanya digunakan oleh orang dewasa melainkan juga anak-anak.
            PT. Smartfren Telecom, Tbk yakni Smartfren 4G LTE-Advanced pertama di Indonesia. Layanan komersial telekomunikasi ini diluncurkan diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat  dan diharapkan dapat mendorong perekonomian Indonesia ke tingkat yang lebih baik.
Jaringan baru 4G Advance ini memberikan tingkat kecepatan akses data yang lebih cepat karena jaringan ini berjalan pada frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz. Yang menjadi pembeda dari jaringan 4G generasi sebelumnya adalah, 4G LTE Advance menggunakan dual carrier sedangkan 4G LTE generasi sebelumnya menggunakan single carrier.
            Jaringan 4G LTE Advance dari Smartfren telah mendukung dua mode yang berlaku di Indonesia, yakni TDD (Time Division Duplex) dan FDD (Frequency Division Duplex) secara bersamaan. Dengan mendukung dua standar LTE, perangkat yang telah mendukung 4G LTE akan bekerja lebih optimal daripada perangkat yang menggunakan jaringan satu standar LTE.
Teknologi ini sudah dapat diakses oleh berbagai kalangan masyarakat. 

DATA PENGGUNA INTERNET INDONESIA
                Berdasarkan data World Internet Status, Indonesia adalah pengguna internet terbanyak nomer 4 di Asia , dengan pengguna yang mencapai sekitar 73 juta, dengan tingkat penetrasi dan penggunaan internet di Indonesia sekitar 28.5 %, dan pertumbuhan pengguna yaitu sekitar 1400 %. (Coba bayangkan, banyak banget tuh)
                Situs Alexa melansir data penggunaan internet di Indonesia masih di dominasi pada akses jejaring sosial dan forum online seperti Facebook (rangking 1), Kaskus (rangking 6), Youtube (rangking 7), Twitter (rangking 10). Pengguna Facebook Indonesia tercatat mencapai 35 juta pengguna per Maret 2011, terbesar nomer 2 di dunia (lihat gambar 2), sementara pengguna Twitter per Desember mencapai 19 % atau peringkat ke-5 dari total pengguna di seluruh dunia yang berjumlah 145 juta, dengan jumlah rata-rata pengakses layanan jejaring sosial per bulan adalah 5.3 jam, terbesar ke 7 di dunia. Ini bermakna peluang pemanfaatan internet masih cukup tinggi.
                Sebuah kajian pada tahun 2003 yang dilakukan oleh Harris Interactive and Teenage Research Unlimited untuk perusahaan media internet Yahoo menemukan bahwa anak muda berusia 13-24 tahunmenghabiskan lebih banyak waktu untuk mengakses internet setiap minggunya dibandingkan menonton televisi (Hernandez 2005).
                Adanya jaringan baru dari Smartfren, PT. Smartfren Telecom, Tbk menghadirkan layanan “Smartplan Limitless”. Yaitu sebuah paket data yang akan memberikan pengalaman baru menggunakan perangkat yang telah mendukung jaringan 4G LTE. Dengan paket data ini, jika kuota utama 4G LTE telah habis, pengguna tetap dapat menikmati akses internet dengan kecepatan yang telah disesuaikan hingga masa berlaku paket berakhir.



KESUKSESAN GAYA HIDUP DIGITAL (INTERNET) DI ERA DIGITAL

            PERTUMBUHAN EKONOMI
                 Peningkatan pertumbuhan ekonomi dapat terjadi diantaranya sebagai akibat semakin pesatnya pertumbuhan internet. Oleh karena itu diperlukan kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika di pemerintahan provinsi untuk menyusun program pengembangan internet dan pembenahan struktur organisasi agar capaian kinerja mencapai 50% penetrasi dari populasi penduduk pada tahun 2015.
                Kesuksesan browser dalam hal merubah gaya hidup digital dengan prinsip baru tentang menciptakan kreatifitas di era keterbukaan yang menjadi kekuatan yang fantastis
                Perkembangan lebih maju teknologi dan informasi, mendorong perubahan komunikasi konvensional untuk komunikasi modern yang gaya hidup digital. Salah satunya dalam penggunaan social media sebagai alat komunikasi digital. Kondisi ini didorong oleh 2 hal yang mendasar yakni perilaku baru orang kota dan revolusi teknologi.
            
           PUBLIKASI DIGITAL
                Ada beragam media publikasi digital antara lain: buku elektronik, jurnal, koran, dan lain sebagainya. Ada beberapa hal yang menjadi kelebihan media digital:
1.      Ruang dan Waktu.
Penggunaan media digital baik e-book, e-jurnal tentu akan sangat menghemat ruang,
Dengan bentuk yang digital, pengguna dapat menyimpannya dalam bentuk mass storage device, baik usb flashdisk, microSD, laptop, atau handphone
2.       Aksesibilitas.
Dengan menggunakan format digital dan jaringan internet, maka pengguna bisa mengakses file media digital sesuai keinginan
3.       Fleksibel
Simpel dan mudah dibawa, dan dapat ditransfer ke perangkat apapun.
4.       Hemat biaya. 

1.       Inovasi Go Green.
Berkiblat dari negeri Paman Sam, negeri dengan kemajuan teknologi informasi,
               
Universitas Amerika telah memulai melakukan digitalisasi koleksi buku-buku yang dimilikinya, seperti yang dilakukan di Universitas California, Northridge. Lebih dari satu juta buku dan seperempat juta jurnal berkala disimpan di kampus yang terletak di pinggiran kota Los Angeles itu. Katalog-katalog itu berbentuk digital dan para mahasiswa menggunakannya untuk menunjang studi mereka
              
               KULIAH ONLINE - STREAMING VIDEO - SMART WORLD
               “Welcome to MIT’s OpenCourseWare, a free and open educational resources (OER) for educators, students, and self-learner around the world. MIT OpenCourseWare (MIT OCW) suports MIT’s mission to advance knowledge anda education and serve the world in the 21st Century.”
                Di dalam situs ocw.mit.edu, anda dapat langsung mengetahui seperti apa proses belajar, ditambah dengan presentasi, handbook, soal-soal latihan dan jawaban yang diterapkan di Universitas MIT, Amerika Serikat. Dari berbagai fakultasyang ada dari salah satu universitas terbaik di dunia. Semuanya gratis dan dapat di download oleh siapa saja.
               Dengan adanya situs ocw.mit.edu ini akan sangat berkembang karena situs ini memang dibutuhkan. MIT OCW adalah salah satu contoh dari tindakan nyata sebuah prinsip keterbukaan.

                Dengan SMARTPLAN LIMITLESS yang cocok untuk streaming kuliah online di web ocw.mit.edu
             
            BERKREATIFITAS DAN MEMBUAT KARYA
                Kreatif berbeda dengan inteligensi. Menjadi kreatif berarti menjadi bagian dari pemecah masalah. Menjadi kreatif berarti memberikan solusi, dengan cara yang tidak banyak orang lain pikirkan. Dan pada dasarnya semua orang bisa melakukan ini. Manusia adalah mahluk yang kreatif.
                Pertama yang harus kita ingat agar kita bisa menjadi bagian dari era ini adalah bahwa, jadilah orang yang dermawan. Jadilah orang yang baik. Berikan sebanyak-banyaknya pada dunia, jangan hanya berharap menerima sebanyak-banyaknya. Ini menjadi salah satu kelebihan bagi anda sebagai personal branding.

AWARNESS – INTERNET SEHAT BAHAN BACAAN
                Bukan berarti penggunaan layanan seperti jejaring sosial adalah tidak cerdas, namun penggunaannya yang menyita waktu secara berlebihan dan tidak tepat guna, terbukti sudah menjadi masalah terutama bagi para pekerja yang menjadi tidak produktif karenanya.
                Munculnya media sosial online menyebabkan masyarakat pada saat ini lebih cenderung menyukai menjalin pertemanan yang lebih erat di dunia maya dibandingkan pertemanan yang dijalin secara langsung di dunia nyata. Hal ini menunjukkan adanya perubahan hubungan yang menyebabkan seseorang lebih tidak menghargai orang lain yang ada di dekatnya hanya demi berkomunikasi dengan teman yang jauh secara fisik.

IMPLEMENTASI PEMERINTAHAN
Karenanya tugas pemerintah untuk menyusun strategi implementasi kebijakan publik yang diharapkan dapat berpengaruh kepada pengembangan internet ini perlu direalisasikan dengan sebaik baiknya.

WEJANGAN
Terserah pilihan pada kita, untuk memilih golongan yang mana #goforit
So, selamat datang di era baru! Jadilah Kreatif, Jadilah orang yang baik!
Membuat sesuatu yang sebelumnya tak mungkin dilakukan, menjadi sangat realistis.
Kalau kita melakukan hal-hal yang baik, cepat atau lambat jalan kemudahan akan datang dengan sendirinya.
Thanks

0 komentar:

Posting Komentar